Donnerstag, 19. November 2009

Kenapa urutan penciptaan spt dlm Kej 1.

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, waktu itu bumi belum berbentuk dan masih kosong, masi gelap dan cuma ada samudera raya dan Roh Allah melayang2 diatasnya.

Setelah itu Allah mulai menciptakan Terang. Kenapa Allah kok pertama kali menciptakan Terang? Pernahkah terlintas di pikiran Anda mengapa kok itu terjadi? Apa sih yang Tuhan ingin ajarkan ama kita? Inilah yang menarik dalam membaca Alkitab, aku selalu tertarik untuk tahu, benernya apa sih yang Tuhan ingin ajarkan kepadaku saat aku membaca suatu ayat..Dalam ayat ini Allah ingin mengajarkan kepada kita supaya kita hidup dalam Terang Allah, krn dalam Terang Allah itu lah semuanya diawali, termasuk dunia ini. Conto konkret dalam hidup ini adalah bila listrik mati.. semua jadi gelap kita jadi ga isa ngapa2in to? Karena itu pertama hal yang diciptakan Allah adalah Terang, dari situ Allah juga mengajar bahwa Allah mengajar kepada kita bahwa semua akan menjadi baek bila diawali dengan Terang.

Hal kedua yang Allah ciptakan adalah…. Cakrawala… Yang menarik adalah dalam Alkitab bahasa Jerman Cakrawala ditulis sebagai “Feste” yang artinya Pillar, pillar penyangga, bahkan dalam geologie artinya batu keras yang besar, ato juga bisa diartikan sebagai Stronghold.. Dan pada akhirnya Tuhan menamakan cakrawala itu langit.. ini juga ada yang menarik sodara2 dalam bahasa Jerman Surga dan Langit memiliki arti yang sama yaitu Himmel. Saat membaca versi Jermannya saya dibukakan Tuhan bahwa Tuhan mengajar kita supaya Surga menjadi tempat bersandar kita ( Stronghold ). Apapun yang terjadi dalam hidup kita, ingatlah bahwa di Surga Allah selalu siap menjadi tempat bersandar kita, menjadi pillar penyangga kehidupan kita. Jangan pernah lari ke tempat laen bila mengalami masalah.. biarlah Allah di surga yang menjadi pilar kita tempat bersandar kita setiap saat dan setiap waktu…

Hari ketiga Tuhan ciptain.. Daratan dan tumbuh2an berbiji, buah2an dan laen2nya.. Suatu hal yang menarik d sini adalah pada saat setelah menciptakan daratan dan buah2an berbiji dll ini pertama kali Tuhan mengatakan bahwa Ia melihat semuanya itu baek. Lho kenapa kok gt? Saat setelah dia menciptakan Terang dan Langit, Tuhan ga bilang gt.. di mulai ayat ini Tuhan baru bilang pertama kali kalo Ia melihat semuanya itu baek… KENAPA?? Karena Terang dan Cakrawala itu adalah merupakan dasar dari segala penciptaan.. kata pendeknya gini.. kalo kita mo buat kue.. bahan dasarnya kita beli dulu, setelah kue nya jadi kita baru bilang.. wah ini roti enak.. jd bahan dasarnya sudah baek jdnya pun baek.. Dan ini uda terbukti dari penelitian lho, bahwa bumi terbentuk dari unsur yang ada di cakrawala.

Hari keempat Tuhan menciptakan benda2 penerang yang memisahkan siang dari malam dan biarlah benda2 penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa2 tetap dan hari2 dan tahun2. Semua penanggalan yang ada yang dipakai oleh manusia saat ini didasarkan oleh…. MATAHARI DAN BULAN kalo masehi didasarkan dari pergerakan bumi terhadap Matahari dan kalo penanggalan islam didasarkan oleh Bulan.. Luar biasa khan?? Dan ud ribuan tahun itu masi tetap dipake lho.. belum ada to org yang menghitung tanggal pake cara laen?? Apa ya misale.. hmmm pergerakan bumi terhadap mars.. khan ya ga ada to…

Di Hari Kelima yang Tuhan ciptain adalah binatang2 air dan burung2.. dan mulai dari saat inilah Tuhan memberkati ciptaanNya dan memberi perintah supaya berkembang biak dan bertambah banyaklah dan penuhilah air dalam laut.. Dan emang si ikan itu luar biasa lho bener2 nurut ama Tuhan ga kaya manusia, kok isa?? Lah itu seberapa banyak pun ikan ato binatang air yang dipancing manusia yang dimakan manusia laut tetep aja penuh tuh ama ikan.. luar biasa to??

Hari keenam Tuhan ciptain….. Binatang ama manusia… TUhan hari ini nyiptain Binatang2 liar dan ternak dan segala jenis makhluk hidup di muka bumi.. Trus Tuhan mikir gini.. hmm enake dewe mbuat manusia ah yang serupa dan segambar dengan kita. Dan selanjute TUhan utak utik buat manusia.. hmmm wah apike gini ah.. dibuat ganteng2 ama cantik2.. yang cowo ganteng yang cewe cantik, siapa hayo yang berani bilang dirinya ga cantik ato ganteng? Wah ngenyek Tuhan berarti wong kita diciptakan serupa dan segambar Allah kok, berarti kalo dewe ngomong ngga ok aku ga cakep brarti ya ngomong kalo Tuhan ga cakep, hayoo.. wong kita diciptakan serupa dan segambar dengan Tuhan.. trus langkah selanjutnya Tuhan memberkati manusia dan berfirman supaya beranak cucu dan bertambah banyak penuhi bumi dan taklukkanlah itu dll dll dll. Di sini sama seperti waktu Tuhan bilang ama si ikan supaya bertambah banyak, Tuhan memberkati dulu.. ingat itu.. anak2 muda tuh khususnya.. INGAT! Diberkati dulu baru beranak cucu.. jangan buat anak dulu baru minta diberkati.. nah… kebanyakan anak muda sekarang khan gitu se.. tp d sini ga ada kok ya to?? Ato ada?? Wah bertobat yo rek.. ;D Berkat Allah itu penting sebelum perkawinan jgn kawin dulu baru minta diberkati.. itu namae ga bener2 memperhatikan perintah Allah..

Dan terakhir Tuhan melihat semua yang dijadikanNya itu sungguh amat baik…. Terang itu baik, langit itu baek, air itu baik, daratan itu baik, tumbuhan itu baik, benda2 penerang itu baik, ikan itu baik, binatang itu baik, dan terlebih manusia itu baik.. sooo.. mknya kita harus bersyukur kalo kita ud diijinkan Tuhan untuk tinggal di bumi yang sungguh amat baik ini.. ayo dijaga.. bersyukur selalu.. jgn dikotori.. ga Cuma bumi dan isinya doank.. Tubuh kita juga dijaga.. inget pegang perintah Allah.. dan juga yang terpenting berkat dulu.. baru beranak cucu.. ;D

TUHAN MEMBERKATI..

Kaiserslautern,22.12.2008
Ev Wkusuma

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen